Apa itu email marketing?

Apa itu email marketing? 1Sebagai seorang pebisnis online atau yang melakukan pemasaran via internet. Mungkin sudah hal yang tidak asing lagi tentang Email marketing.

 

Pemasaran/Marketing via online banyak sekali macam cabangnya, sepertu Sosial Media Marketing, SEO (Search Engine Optimation), Email Marketing, Search Engine Marketing dan lain-lain.

 

Saya disini akan membahas definisi dan arti dari Email marketing itu sendiri.

 

Apa sih sebenernya Email marketing itu?

Seperti halnya namanya, Email marketing adalah pemasaran melalui email. Simplenya begitu. Tapi lebih spesifiknya tentang Email Marketing itu sendiri adalah teknik promosi dengan cara mengirimkan email ke calon pelanggan/pembeli anda.

 

Email marketing merupakan salah satu bentuk teknik promosi yang terbilang cukup “jadul” dan konvensional di dunia Internet marketer. Akan tetapi anda tidak bisa meremehkan teknik promosi via email ini, dan beranggapan bahwa email marketing tidak efektif. Its Big No.

 

Malah sebaliknya metode Email marketing ini sampai sekarang masih digunakan oleh para pebisnis online expert diluar sana. Di Indonesia sendiri, metode email marketing sudah digunakan secara massive semenjak hadirnya ponsel pintar atau yang biasa kita sebut smartphone. Hal ini yang membuat akses email menjadi mudah, murah, dan real time.

 

Setiap Email yang dikirimkan kepada konsumen/calon pelanggan/calon prospek produk potensialnya bisa disebut dengan Email marketing. Intinya email tersebut berisi penawaran, pengenalan produk/brand, proposal bisnis, dan hal-hal yang berkaitan dengan membangun trust (kepercayaan), maupun loyalitas pelanggan. Namanya juga marketing isinya pasti tentang jualan, meskipun dengan metode hard sell maupun soft sell.

 

Layanan Email sangat banyak sekali diantaranya ada gmail, ymail, webmail dll. Hal pertama saat anda ingin belajar Email marketing adalah anda harus punya akun email dulu tentunya. Saya sarankan untuk membuat gmail milik Google. Karena sangat mudah sekali dan umumnya banyak yang menggunakan Gmail untuk keperluan login ke situs tertentu ataupun bisnis. Bisa langsung ke link ini.

 

Email marketing adalah metode mengumpulkan database email yang sangat banyak dan database email ini bersifat sangat privasi sekali jadi tidak bisa dibagikan kepada siapapun. Database email biasanya diperlukan untuk keperluan promosi, membangun relasi, memperkenalkan produk, membangun personal branding, meningkatkan sales/penjualan, dan sebagainya.

 

Mengapa saya mengatakan metode email marketing ini sangat efektif untuk teknik promosi produk/brand anda? Karena pada dasarnya, anda termasuk saya selalu menggunakan email untuk masuk/login ke aplikasi, situs website, toko online, startup digital maupun e-commerce marketplace seperti bukalapak, lazada, tokopedia, shopee, blibli, dll. Pasti ketika ingin masuk ke salah satu dari situs-situs tersebut anda diwajibkan untuk memasukkan email yg aktif (biasanya untuk verifikasi) no. Hp dan Nama. Karena situs-situs tersebut ingin menjadikan anda sebagai database mereka, dan nanti nya anda akan terus dikirimkan email dari situs tersebut perihal promo, diskon, meet & great, dll yang berhubungan dengan brand situs tersebut.

 

Misal anda sekarang memiliki akun di salah satu marketplace no. 1 di Indonesia yaitu Tokopedia, pasti saat anda sudah belanja, melakukan pembayaran, chat dengan penjual, check out barang, dan lain sebagainya. Pasti anda mendapatakan email notifikasi dari tokopedia. Dan bukan hanya notifikasi anda untuk menyelesaikan pembelian maupun atur pengiriman. Tapi perihal promo, diskon, ditanggal tertentu anda pasti akan dapat email notifikasi, tokopedia selalu membangun interaksi dangan para database mereka.